still learning..

well, today, I admit it, I really really tired, but, I don’t want to sleep before publish this post. haha.. here, I’m going to tell you about my activities today. well, we can say it, this is the one of my new experience which I’ll never forget it, maybe I guess. 

I also admit that, now, actually I feel really bored and sucks in English. Haha, but why am I using English on here? I don’t know, this is such of Asian voodoo, or something like that, someone manage me to use English.   ok, it was an intermezo. ==’

Ok, Let’s begin. hahaha, ups, suddenly, I wanna write it in Indonesia. :) 

Naaaah, hari ini aku ikut lomba debat di UGM (Universitas Gajah Mada).  Lomba itu di ikuti oleh sekitar 24 team dari.. hm.. mungkin 20 sekolah mengengah ke atas se- JAWA-BALI . What?! JAWA -BALI?! bahkan ada kok yang dari Tangerang, jauh-jauh ke Jogja cuma buat lomba debat. Yah, mungkin mereka emang kepingin dapet sertifikat dari UGM supaya gampang masuk UGM besok.

Awalnya sih aku biasa-biasa aja. I’m totally normal. I’m not nervous, not worry about it, and else. I don’t know why, Aku ngerasa, Yaaaah, just do our best and let it go. ==> gampangin banget gak sih. bubu =3= 

JEDENG!!!  

ternyata beneran JAWA-BALI. Hm, I’m trying to memorize it..  SMA N MUHAMADIYAH 1 YK, SMA MUALIMIN, SMA 5, SMA 6, SMK 1 DEPOK,  hm.. and SMA N 1 PAKEM, those are from Jogjakarta. Then, from luar jogja: SMA N 1/2 TANGGERANG SELATAN,  SMA 1 PURWOKERTA, SMA 1 SURAKARTA, SMA 3 SURAKARTA, SMA 3 SEMARANG, SMA 4 DENPASAR, and the others, can’t remember it. xD

well, most of them, is really really great in their debate. And, my team.. well, we’re really sucky today.😥  aku bener-bener stuck, gak bisa apa-apa. Haduuuh, pokoknya gelap deh lomba debate kali ini. bener-bener unexpected. Salut dah, sama yang ngelatih mereka. huhuhu~ kok bisa keren gitu ya?? Setelah debate selesai, oh, sebelumnya malah, aku dan teamku bener-bener ngerasa bersalah sama Kak Alvine (pelatih), coz, we didn’t do our best, and we failed. hueeee…

Ok, I’ll tell you, susunan acaranya. Halah… =,=

Jam 06.00-08.00=> I was still normal. Perjalanan ke UGM menemui banyak rintangan dan menguji andrenaline karena Bibil dengan lugunya mempercayakan keselamatannya juga motornya padaku. hahaha.. it was quite funny, when we almost clashed with a car, and else. hahaha..

08.00-08.30 => I was being a little worried, coz, I saw the participant is really really in high level. Wow!! Kita terkaget-kaget lihat SMA 4 DENPASAR, dan langsung bergossip ria. 4 DENPASAR kan yang BAGUS itu sekolahnya, yang anaknya pada pinter-pinter…” and, bla bla bla.. Sampai aku bilang “Moga gak ngelawan mereka deh..”

Sialnya!!!!

Round 1,  my team VS SMA 4 DENPASAR, and this motion is about Gender. Trus, Kita milih mainin motion “Affirmative action to LGBT” well, basicly, we don’t really understand about Affirmative action itself. We don’t know about, What’s Affirmative action, is that the type of crime or something? and others. The point is, We had failed, and misunderstanding while debated. Begonya, bukannya malah nulis Rebuttal, aku malah terpesona dengan cara ngomong mereka yang bener-bener songong, angkuh, dan meyakinkan. Bener-bener makan ati deh, and their 3rd speaker is the best! I mean, dia ngolok-olok teamku , sukses nusuk! GILAAAA~!!!

Break, makan snack, Udah, kenyang lanjut lagi….

Round 2 my team VS SMA 1 PURWOKERTO, with motion about Culture. And, we define to choose “Return Cultural Goods to Origin country” and bla bla bla, once again, I’m not clearly understand it. So, I was just talking about founder rights to have that goods, and di puter-puter bolak-balik gak jelas. hadeeeeeh… ==’ Tapi anehnya, my team WON it. Wow, we can’t stop laughing. hahaha…

But, sampai di hall debaters, Kak Alvin muncul. Mukanya udah gak enak, Ada kakak kelas juga (team dari sekolahku yang lain), Kita yang tengah bahagia karena menang untuk pertama kalinya, langsung muram.

” Kalian itu harus keep questioning. Gimana tadi? Apa komentar jurinya??” tanya kak alvine rada ketus. huhuhu~😥😥

” Itu.. harus di jelasin lagi, why.. why.. atau how..” jawab si Rini, si 1st speaker of my team.

” Tuh, kan, kalian itu masih kurang questioning. Gimana rebuttal nya? di komentarin juga gak?” lanjut kak Alvine. Pada geleng-geleng semua.

” Ya udah, yang jelas, keep questioning aja. aku udah sering bilang kan, Keep questioning, Kalian harus mikir kenapa, kenapa kenapa?? on how, or why? why and why?? gitu..” lanjutnya Udah pada nunduk semua tuh. Ya Allah, beneran, ngerasa bersalah banget aku.

” Tapi hasilnya gimana?” tanyanya lagi.

“Menang, margin 2..” jawabku, udah gak seneng lagi, Hello?? di marahin gini, siapa yang gak sedih coba?! O.o

” Untung kalian menang, coba kalau kalian kalah..” lanjutnya lagi.

Makin bete, kecewa, merasa bersalah, pokoknya serba salah deh. huhu..

Round 3, SIAL lagi!!! my team VS SMA 3 SURAKARTA. with this motion about LAW. (mampus, HUKUM, aku buta hukum!!!) trus, kita milih motion,”  THW ban media to airing opinions on ongoing the court trails ”  actually, I don’t understand about it (aku kaya gak ngerti apa-apa dah =,=) but, finally, setelah nyoba-nyoba mikir, akhirnya dapet satu argument paling dangkal yang pernah ada, yaitu ” karena hak mereka ” dan seperti yang Kak Alvine bilang, aku keep questioning sebisa mungkin. Dan Hebatnya, kok bisa sampai satu lembar buku besar ya? hahaha.. Aku udah seneng tuh, bikin argument sepanjang itu, belum nanti Rebuttal, dan nambah-nambahin Argumentnya 1st speaker. Begitu mulai debate, yah, we can call it, this debate is really enjoy, and I really enjoyed this debate and my team, and also the other team. Kita udah OPTIMIS, kalau gak MENANG, yah.. beda margin paling cuma 2 atau 3. 

EH! EH! EH!!!!

TERNYATA M

ARGINNYA -5

*nangis

Hueee… bener-bener deh. Pulangnya aku sms Kak Alvine buat minta maaf karena gak bisa masuk 8 besar, and gak melakukan yang terbaik tadi. Trus, Kak Alvine bilang, it’s ok. Buat pengalaman. Yeah, Experience is a the best teacher, and, it we made a mistake or we failed, it means that, we are still elarning, and I won’t stop learning. So, If today, I failed, tomorrow, I’ll be more better.🙂

Itulah, pelajaran yang aku ambil dari hari ini. More practice, cox practice makes perfect. don’t stop learning, coz, If we aren’t learning, we will know nothing, and we will never be a better person.🙂  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s